JVPass - Technology and Trending Blog

Per Hari Ini Upah Petani Di Seluruh Negeri Akan Meningkat Mulai Juli 2022

VixPR, Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, upah buruh tani secara nasional pada Juli 2022 meningkat 0,19% dibandingkan upah nominal buruh tani pada Juni 2022. Kenaikan tersebut dari Rp 58.337,00 menjadi Rp 58.445,00. . .

Presiden BPS Margo Yuwono mengatakan dalam konferensi pers yang diadakan di Gedung BPS Jakarta, Senin (8 Januari 2022) bahwa “upah riil buruh tani selama ini turun 0,52%.”

Pada Juli 2022, upah harian nominal pekerja konstruksi (tidak termasuk pengawas) juga meningkat 0,30% dibandingkan Juni 2022.

“Sementara itu, upah riil turun 0,34%,” katanya.

Margo menjelaskan bahwa upah nominal pekerja/buruh adalah upah harian rata-rata yang diterima pekerja sebagai kompensasi atas pekerjaan yang dilakukan. Di sisi lain, upah riil pekerja/karyawan merupakan daya beli dari pendapatan/upah yang diterima pekerja/karyawan.

Di sisi lain, upah riil rumah tangga petani merupakan perbandingan antara upah nominal rumah tangga petani dan indeks harga konsumen rumah tangga pedesaan. Sedangkan upah riil pekerja bangunan merupakan perbandingan upah nominal pekerja bangunan dengan IHK kota.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), nilai tukar petani (NTP) nasional pada Juli 2022 adalah 104,25, turun 1,61% dari bulan sebelumnya.

Penurunan NTP disebabkan karena indeks harga yang dibayar petani (Ib) meningkat 0,58% sedangkan indeks harga yang diterima petani turun 1,04%.

Presiden BPS Margo Yuwono menjelaskan NTP merupakan perbandingan antara indeks harga (IT) yang diterima petani dengan indeks harga (Ib) yang dibayar petani. NTP merupakan salah satu indikator untuk mengetahui daya beli/tingkat daya beli petani pedesaan.

“NTP juga menunjukkan tidak hanya harga pokok produksi, tetapi juga nilai tukar barang dan jasa konsumsi dan produk pertanian,” kata Margo dalam konferensi pers di Gedung BPS Jakarta, Senin (8 Januari 2022).

Pada Juli 2022, program nasional penanggulangan tuberkulosis di Provinsi Riau mengalami penurunan terbesar (11,43%) dibandingkan penurunan program transisi nasional di wilayah lain. Di sisi lain, program TB nasional Kepulauan Riau menunjukkan angka peningkatan tertinggi dibandingkan dengan peningkatan angka program konversi nasional di provinsi lain (1,70%).

Indeks Harga Konsumen Rumah Tangga (IKRT) Indonesia juga naik 0,71% pada Juli 2022, didorong oleh kenaikan indeks sebagian besar kelompok pengeluaran.

Dengan demikian, Farm Trade Average (NTUP) Juli 2022 sebesar 105,47, turun 1,34% dari NTUP bulan sebelumnya.

Share Me On
Get Code

I Like Writing and have a Hobby of Reading Books

Leave a Comment